Catatan di Bulan Desember 2016

Catatan di Bulan Desember 2016

Tahun 2016 sudah berlalu dan kita bersiap-siap menyambut tahun 2017. Nah biasanya saya selalu membuat “laporan” portofolio per bulan dan saya upload ke group Saham Indonesia. Kali ini saya akan mencoba menulis report bulan Desember ke dalam web ini, ya hitung-hitung nambahin artikel yang masih sedikit ini.

Bulan Desember 2016, jujur saja bulan yang cukup menguras emosi jika kita melihat ke dalam transaksi harian emiten. Karena di awal bulan porto dibuat melambung, di tengah bulan dibuat nyungsep dan di akhir bulan menghijau lagi.

Porto Desember 2016 – 1
Porto Desember 2016 – 2

Namun bulan ini saya sungguh beruntung, mood iseng saya tidak keluar. Hasil baca-baca group diskusi di Saham-Indonesia.com, group kantor dan group apartemen mengalihkan mood saya dari trading ke hold. Namun tetap di beberapa kesempatan saya melakukan reposisi saham. Alhasil porsi SMBR berkurang untuk saya belanjakan WSBP, ADHI dan WSKT.

Bulan ini juga merupakan bulan dimana hajatan saham JSMR selesai dilakukan dan saya akui saya terlalu bernafsu untuk belanja JSMR sebelum mendekati Cum Date, alhasil JSMR mengalami over-allocation (biar keren dikit bikin istilah). Biasanya ketika mengalami kejadian ini, saya melakukan pengurangan porto hingga sesuai alokasi, namun di JSMR saya sulit untuk menjualnya, selain pembelian saya diharga tinggi, hasil pengamatan dilapangan mengenai JSMR mencegah saya untuk menjual saham ini. Dan saat ini alokasi JSMR masih tetap tanpa sama sekali berkurang.

Alokasi Portofolio Desember 2016

Berikut ini adalah hasil performa YTD hingga Desember 2016.

Kinerja hingga Desember 2016

Desember masih ditutup dengan posisi lebih besar dari IHSG, seneng rasanya bisa “mengalahkan” IHSG, walaupun belum maksimal. Semoga di bulan selanjutnya masih bisa mendapatkan hasil positif di bursa saham.

 

Salam “Low Risk, Sure Gain”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *