Bye 2016, Hello 2017

Bye 2016, Hello 2017

Minggu lalu merupakan minggu terakhir bursa 2016 di transaksikan. Namun sudahkah anda membuat review perjalanan bisnis saham 2016 ? Saya sendiri baru memiliki mengerjakan saat ini, setelah liburan akhir tahun bersama keluarga yang sangat menyenangkan akhir pekan kemarin. Artikel ini merupakan artikel ke dua saya dalam melakukan review ulang kinerja portofolio saham saya, sebelumnya review saya tuangkan di dalam media Line dan sekarang saya coba menuliskannya di website ini.

Tahun ini portofolio saham saya mengalami kemajuan yang cukup signifikan, bukan karena gainnya saja yang mengalahkan kinerja 2015, melainkan faktor lain yang berperan dalam kegiatan di bursa. Kemajuan yang saya rasakan antara lain adalah sebagai berikut

  • Saya bergabung dengan beberapa komunitas yang memberikan bimbingan dalam bertransaksi di bursa. Komunitas Saham Indonesia memberikan mindset investasi  dan Komunitas QT Accum-Trader memberikan gambaran mengenai gaya trading, keduanya memberikan andil yang besar dalam perjalanan bisnis di bursa saham tahun 2016.
  • Banyak ilmu baru yang saya peroleh di tahun 2016, antara lain membaca laporan keuangan, publikasi, cara bertanya langsung ke perusahaanya (ini belum pernah saya lakukan namun mungkin di 2017 ini saya akan mencobanya), safe trading dengan bantuan accum.
  • Ilmu psikologi dalam berbisnis saham, bagaimana caranya agar kita tidak tergoda atau panik dalam menghadapi berita-berita yang bertebaran di berbagai media (website, broadcast, dan media lainnya).
  • Melihat gambaran besar dari sebuah sektor, perusahaan dan juga prospeknya. Hal ini juga yang membantu saya dalam memanfaatkan peluang ketika bursa sedang turun.
Saham Indonesia, Invest Long, Proper and be happy.
Accum Quantitative Trade – Before we talk destination, we shine a spotlight across your organization to fully understand its people, processes, and technology.

Jadi bagaimana dengan kinerja saham saya selama 2016 ? Mungkin bagi beberapa orang hasil yang saya capai bukanlah sebuah prestasi, namun bagi saya yang mengalami dan menjalani bisnis ini kinerja portofolio saya cukup membanggakan.

Performa Tahun 2016

Performa ini sesuai dengan rencana investasi saya dimana saya berharap kenaikan portofolio saya adalah minimal 10% tiap tahun. Untuk mencapai strategi ini, pada tahun 2016 kemarin saya merasakan sudah menemui strategi pemilihan portofolio baik untuk long term maupun short term. Dan strategi ini akan saya terapkan kembali di 2017 dengan beberapa perbaikan.

  • Untuk jangka waktu panjang (minimal TF bulanan) saya akan membeli perusahaan yang memiliki fundamental beberapa tahun terakhir yang baik, memiliki prospek usaha yang cerah dan jika diberi kesempatan membeli dengan valuasi yang murah.
  • Sedangkan untuk jangka waktu pendek (minimal TF harian) saya akan membeli emiten dengan filter pertama seperti emiten dengan jangka waktu panjang ditambah dengan posisi harga dekat dengan support dan sedang diakumulasi.

Penentuan strategi yang cocok merupakan salah satu kunci sukses keberhasilan kita dalam berbisnis saham. Saat ini sudah banyak media-media komunitas, baik yang berbayar maupun gratis yang memberikan berbagai macam strategi dalam berbisnis saham. Namun tidak semua strategi tersebut sesuai dengan kita. Oleh karena itu sebaiknya sebelum menerapkan strategi orang lain, sebaiknya kita memahami dahulu strategi mereka apakah cocok dengan karakteristik investasi kita ? Karena jika kita salah memilih strategi maka tidak mungkin kinerja bisnis anda akan biasa-biasa saja dan bisa saja malah mendatangkan kerugian bagi anda.

Salam “Low Risk, Sure Gain”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *