Saham Project, apa sih ?

Saham Project, apa sih ?

Kali ini saya ingin membahas mengapa ada status saham project di dalam portofolio saya. Apakah ada hubungannya dengan strategi ? Apakah ada hubungannya dengan kinerja sahamnya sehingga wajib dimasukkan ke dalam project ?

Saham Project adalah sebuah istilah yang saya buat sendiri, tujuannya adalah untuk memberikan area khusus bagi saham ini di dalam portofolio saya dan tidak akan saya jual apabila harganya turun. Penurunan harga saham akan saya anggap sebagai kesempatan untuk saya untuk mengakumulasi kembali saham tersebut. Saham ini selalu saya set target untuk melakukan penjualannya baik TP (Taking Profit) atau CL (Cut Loss).

Lho kenapa ada CL di saham Project ? Ya karena kita tidak boleh jatuh cinta dengan saham, cukup dengan keluarga saja jatuh cintanya. Hahahahaha. CL tetap perlu dilakukan apabila dirasa “cerita” tentang saham ini sudah tidak sesuai dengan proyeksi saat kita melakukan pembelian diawal.

Penting untuk kita untuk mengikuti “cerita” tentang saham ini, karena dengan mengikutinya kita akan paham dengan kinerja emiten ini dan kita akan tahu bahwa kinerjanya masih sesuai dengan hasil analisa yang kita lakukan.

Lalu kapan waktunya TP untuk saham ini ? Untuk TP saya akan menentukan diawal saham project ini dianalisa. Biasanya saya akan menset target 100% dari harga avg pembelian saya. Dan ketika target 100% tercapai maka saya akan menjual maksimal 50% portofolio saham ini untuk menjadi cash. Dana cash akan saya gunakan untuk trading atau memilih saham next project, karena ketika saya menjualnya hingga 50% maka project untuk saham ini saya anggap sudah selesai. Lalu sisa 50%nya saya biarkan saja, Let the profit run !!!!

Bagaimana cara memilih saham project ?

Untuk memilih saham project, biasanya saya akan mencari saham yang berhubungan dengan program¬†pemerintah, harganya masih under value (PBV maksimal 1.5) dan memiliki keunikan di dalam usahanya (prospek pasarnya, strategi manajemennya dan tantangan eksternalnya). Dan saham project ini lah yang menghilhami slogan “Low Risk Sure Gain”

Salam¬†“Low Risk, Sure Gain”.

One thought on “Saham Project, apa sih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *