When in doubt, don’t.

When in doubt, don’t.

Suatu hari seorang pegawai eksplorasi minyak mengalami kecelakaan disaat melakukan tugasnya mencari sumber minyak baru bagi perusahaannya. Dan akhirnya arwahnya meninggalkan badannya dan bertemu malaikat. Terjadilah percakapan seperti ini

Malaikat (M) : “Halo Mr. Robinson, anda adalah orang baik dan kebaikan anda membuat anda pantas untuk masuk ke dalam surga. “

Robinson (R) : “Oiya, saya sangat senang sekali. Saya lihat di dalam sana Mr. Sanchez, Mr. Patel,Mr. Johnson dan teman-teman saya di bidang minyak sudah masuk ke dalam sana. Mereka adalah partner saya di dunia dalam mencari minyak. Saya senang sekali bisa berkumpul lagi dengan mereka. “

M : “Iya pak, mereka juga sama seperti anda. Kebaikan anda dan mereka boleh dibilang sama. Namun ada satu permasalahan Mr. Robinson, kapasitas surga sudah penuh sehingga anda tidak mungkin masuk ke dalam. Jadi sementara anda kami masukan ke dalam neraka terlebih dahulu”

R : “Wah kenapa demikian? Harusnya saya juga bisa masuk ke dalam sana”

Mendengar perkataan malaikat seperti itu, Mr Robinson kecewa. Di dalam perjalanan menuju Neraka, Mr. Robinson terus berpikir bagaimana dia bisa tetap masuk ke dalam Surga. Namun pikirannya masih selalu berhubungan dengan kegiatannya di bumi dalam mencari minyak. Setelah sampai di depan pintu neraka akhirnya dia menemukan ide yang spontan tercetus ke dalam pikirannya. Akhirnya dia memohon ijin kembali untuk mampir sebentar ke Surga.

M : “Kenapa Mr Robinson kembali ? Bukankah sudah dikatakan bahwa surga sudah penuh.”

R : “Iya benar, namun bolehkah saya menitipkan pesan kepada teman-teman di dalam. Tolong katakan bahwa di neraka sana saya menemukan sumber minyak baru yang melimpah ruah”.

M : “Itu saja pesannya ? Baik akan saya sampaikan ke dalam”.

Tidak beberapa lama setelah malaikat masuk dan menyampaikan pesan tersebut ke dalam Surga, tiba-tiba dari dalam terdengar suara gaduh. Dan beramai-ramailah penghuni surga ingin pindah ke neraka karena mendengar info bahwa di neraka kandungan minyaknya melimpah ruah.

M : “Mr Robinson, pesan anda sudah saya sampaikan dan nampaknya semua pada tertarik pindah ke neraka sehingga surga menjadi sepi. Namun benarkah di neraka ada minyak Mr Robinson ?”

R : “Tidak saya hanya mengarang saja.”

M : “Well, nampaknya karangan anda berhasil, silahkan anda masuk ke Surga karena sudah ada tempat bagi anda.”

R : “Malaikat, bagaimana kalo ternyata di neraka memang benar ada minyak ? Saya pasti akan ketinggalan jika tidak ikut mengeksplorasi minyak disana. Saya akan kehilangan potensi jutaan dollar kontrak jika orang lain mendapatkannya. Kalo demikian saya tidak usah masuk surga lagi malaikat, saya ingin ke neraka saja bersama yang lain menemukan minyak disana”


Cerita diatas adalah salah satu joke dari sekian joke yang saya temukan ketika berbisnis saham. Dan entah kenapa saya selalu senyum dan tertawa kecil membaca cerita ini dan jika di analogikan ke dalam gambar kurang lebih gambar diatas ini bisa mewakilinya.

Ketika berada di market, akan selalu banyak informasi-informasi yang beredar dan berkembang. Seringkali informasi-informasi itu masuk ke dalam pikiran dan berkembang hingga memberikan andil ke dalam kita bertransaksi di bursa sehingga memunculkan keraguan dalam pengambilan keputusan. Padahal tidak semua informasi itu adalah benar, ada yang hanya karangan seseorang dengan kepentingan tertentu disana, tapi memang ada juga yang benar namun datanya sudah tidak update.

Bagi saya sendiri analisis terbaik adalah analisis yang kita lakukan sendiri, dengan melakukan analisis sendiri ini apabila ada informasi yang masuk, kita dapat dengan cepat melakukan pengecekan apakah informasi ini benar atau tidak. Dengan begini saya bisa berinvestasi dengan tenang dan menjalani aktifitas sehari-hari dengan normal.

Salam Low Risk, Sure Gain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *